Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesawat TNI AU Kecelakaan di Adisutjipto Yogya, 2 Pilot Luka

foto ilustrasi

Pesawat latih milik TNI Angkatan Udara (AU) mengalami kecelakaan saat mendarat di Lapangan Udara Adisutjipto, Yogyakarta, Senin siang, 7 Desember 2020 siang. Kecelakaan ini membuat dua pilotnya mengalami luka-luka. 

Kabar nahas pesawat tersebut sempat diunggah oleh akun Twitter @Eldesson Yoga. Berikut cuitannya:  

Tak lama kemudian, postingan tersebut sudah dihapus oleh pengunggah.

Pesawat mengalami kecelakaan pada saat melakukan pendaratan di ujung barat landasan pacu 09 Lanud Adisutjipto.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Kolonel Penerbang Indan Gilang saat dikonfirmasi wartawan membenarkan kabar kurang baik tersebut.

"Iya betul. Untuk penyebab kecelakaan masih dalam proses penyelidikan oleh tim investigasi TNI AU," katanya lewat keterangan tertulisnya.

Menurut dia, pesawat latih KT-1B Wong Bee Nomor Registrasi LL-0111 itu berisi dua orang pilot TNI AU. Mereka adalah Mayor Penerbang Sekti Ambarwati dan Letda Adm Krisna Nugraha. Keduanya merupakan instruktur dan siswa penerbang yang sedang melaksanakan latihan rutin.

Kejadian bermula saat pesawat akan mendarat sekitar pukul 12.50 WIB. Pesawat yang masuk dalam kategori ringan ini mengalami kecelakaan di ujung barat runway Adisutjipto, Yogyakarta.

"Pesawat mengalami kecelakaan pada saat melakukan pendaratan di ujung barat landasan pacu 09 Lanud Adisutjipto," ucapnya.

Meskipun pesawat mengalami kerusakan yang cukup parah, namun kedua pilot dinyatakan selamat dari kecelakaan itu. Mereka berhasil keluar dari tubuh pesawat dan segera dievakuasi untuk mendapat pertolongan. 

Pihaknya juga telah memastikan bahwa tidak ada korban di darat. Mengingat pesawat jatuh di area perkebunan yang jauh dari permukiman penduduk.

"Tidak terjadi kerusakan dan kerugian material dan personel di darat, karena pesawat jatuh di area tanah kosong di dalam Lanud Adisutjipto," sebut dia. 

Saat ini kedua pilot sedang menjalani perawatan oleh tim dokter Rumah Sakit Pusat TNI AU (Ruspau) Hardjolukito, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.

sumber : tagar.id

Posting Komentar untuk "Pesawat TNI AU Kecelakaan di Adisutjipto Yogya, 2 Pilot Luka "